Powered By Blogger

Kamis, 20 Desember 2012

PPN, PKBIB, PDP Gagal di Makassar


MAKASSAR, FAJAR--Tiga partai politik di Makassar harus menelan pil pahit. Hasil pleno KPU Makassar memutuskan mereka tidak memenuhi syarat verifikasi faktual (vertual).
Ketiga parpol yang tidak lolos vertual di Makassar ini yakni Partai Persatuan Nasional (PPN), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), dan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB). Dari 16 parpol yang ikut verifikasi tahap pertama, hanya 13 yang dinyatakan bersyarat. Pleno terbuka digelar KPU Makassar di Hotel Grand Town pengayoman Makassar, Rabu, 19 Desember.
Pleno hasil vertual 16 parpol ini juga dihadiri oleh seluruh pengurus parpol tersebut. Juga dihadiri pihak kepolisian, Panwaslu Makassar, dan PPK se-Kota Makassar. "Ketiga parpol ini tidak lolos karena beberapa syarat yang diperlukan tidak terpenuhi," kata anggota KPU Makassar, Izzdin Idrus usai pleno.
Sekadar diketahui, yang dinilai KPU dalam vertual ini seperti ketua, sekretaris, bendahara, keberadaan sekretariat dan keanggotaan beserta kartu keanggotaannya. "Untuk 18 parpol yang kita verifikasi susulan, pleno akan digelar pada 29 Desember mendatang," tambahnya.
Pleno hasil verifikasi 16 parpol ini juga dilakukan KPU kabupaten/kota se-Sulsel. Kalau di Makassar ada parpol yang tidak lolos, tidak demikian di Bulukumba. Ketua KPU Bulukumba, Arum Spink menegaskan 16 parpol yang telah diverifikasi di daerah ini semuanya dinyatakan bersyarat.
Untuk verifikasi tingkat kabupaten/kota ini, parpol harus bisa lolos 75 persen di kabupaten/kota serta 50 persen di kecamatan. Kendati di Makassar tiga parpol tidak lolos, ketiga parpol ini bisa jadi tetap dinyatakan bersyarat ketika di daerah lain mampu lolos.
Untuk memastikan 16 parpol ini bisa lolos menjadi peserta pemilu 2014 mendatang, KPU Sulsel dijadwalkan akan melakukan pleno terbuka yang pesertanya dari KPU kabupaten/kota 22 Desember mendatang. "Pleno terbuka hasil vertual 16 parpol kita gelar 22 Desember yang diikuti 24 KPU se-Sulsel," tandas Ketua Devisi Teknis Pemilu KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari.
Ketua DPW PKBIB Sulsel, Saelan Moka masih optimis partainya lolos dari Sulsel. "Memang kepengurusan PKBIB di Makassar yang sedikit kita ragukan. Tapi Insya Allah kita bisa memenuhi 75 persen,' kata Saelan Moka. (hamsah umar)        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar