Powered By Blogger

Minggu, 23 Desember 2012

KPU Pleno Verifikasi 16 Parpol


MAKASSAR, FAJAR--16 partai politik (parpol) yang diverifikasi awal KPU Sulsel akan ditetapkan hari ini. Artinya, partai yang dinyatakan gagal oleh KPU Sulsel dipastikan sudah tidak bisa lagi menjadi peserta pemilu pada 2014 mendatang.
Rencananya, KPU Sulsel akan menggelar pleno terbuka hasil verifikasi faktual 16 parpol tersebut, Sabtu, 22 Desember. Pleno terbuka ini melibatkan perwakilan 16 parpol serta 24 KPU kabupaten/kota se-Sulsel. "Pleno terbuka hasil verifikasi faktual ini pesertanya KPU kabupaten/kota," kata Ketua Devisi Teknis Pemilu KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari.
Sebelumnya, 24 KPU kabupaten/kota di Sulsel telah melakukan pleno di tingkat kabupaten 20 Januari lalu. Pleno ini untuk melihat apakah 16 parpol tersebut memenuhi syarat 75 persen kabupaten/kota, dan 50 persen tingkat kecamatan. Untuk level kepengurusan provinsi sendiri, 16 parpol tersebut sudah dinyatakan lolos verifikasi.    
Sementara untuk 18 parpol yang diverifikasi belakangan, Ziaur Rahman menyebutkan pleno hasil verifikasi partai ini baru akan dilakukan pada 2 Januari mendatang. Sedang untuk tingkat kabupaten/kota akan digelar pada 29 Desember.
Anggota KPU Makassar, Nurmal Idrus menyatakan dengan pleno 16 parpol calon peserta pemilu yang akan digelar hari ini, masyarakat Sulsel sudah bisa mendapat gambaran mengenai partai yang tidak akan lolos pemilu.
"Kalau di Makassar saja misalnya tidak lolos, mereka masih berpeluang kalau di kabupaten lain memenuhi syarat. Tapi kalau di provinsi sudah tidak lolos, maka sudah pasti tidak bisa lolos jadi peserta pemilu," kata Ziaur Rahman. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar