Powered By Blogger

Senin, 24 Desember 2012

Nonparlemen Sulit Menyatu di Sinjai


*Sebagian Dukung Hamas

MAKASSAR, FAJAR--Kiprah partai nonparlemen di pemilukada Sinjai bakal bercerai-berai. Mereka sulit menyatukan sikap mendukung satu pasangan calon karena beberapa di antaranya sudah menyatakan sikap mendukung calon tertentu.
Selain mendukung Kepala Bagian Kerjasama Ekonomi Fisik dan Prasarana Pemprov Sulsel, Hasan Basri Ambarala, sejumlah parpol nonparlemen di Sinjai juga menyatakan dukungan terhadap AM Anis Asra. Bedanya, dukungan terhadap Anis ini disuarakan koalisi nonparlemen di Sinjai, sementara dukungan terhadap Ambarala disuarakan nonparlemen di provinsi.
Koordinator Koalisi Nonparlemen Sinjai,  Andi Rifai yang juga ketua DPC PKPI Sinjai, saat ini jumlah dukungan suara dari koalisi partai nonparlemen berkisar 14,7 persen. Kendati belum memenuhi syarat untuk bisa mengusung satu pasangan calon, partai ini berharap cabup bisa menggaet parpol parlemen untuk mencukupkan kekurangan suara ini.
Dia malah menyebut, satu-satunya cabup yang intens komunikasi dengan nonparlemen di Sinjai hanya Anis. "Calon tidak boleh langsung ke wilayah mencari dukungan karena mekanismenya dari bawah dulu," kata Rifai.
Anis sendiri mengaku terus melakukan pendekatan dan komunikasi politik dengan semua parpol di daerah ini termasuk parpol parlemen. Bahkan, tidak satu pun partai yang membuka pendaftaran yang dilewatkan. "Setiap partai yang  membuka pendaftaran saya ikut dan mengikuti syarat yang ditetapkan," katanya.
Akhir pekan lalu, Anis melakukan serangkaian pertemuan dengan sejumlah elit parpol nonparlemen. Dia berharap dari pertemuan ini, dukungan parpol nonparlemen tidak akan lari ke calon lain. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar