Powered By Blogger

Minggu, 23 Desember 2012

JK: Ilham Wujudkan Cita-cita Jenderal Jusuf


MAKASSAR, FAJAR--Gagasan wali kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin membangun masjid Amirul Mukminin di bibir Pantai Losari, disebut sebagai perwujudkan cita-cita Jenderal (Purn) Jusuf.
Penilaian ini disampaikan mantan wapres RI, Jusuf Kalla saat meresmikan pemanfaatan masjid ini, Jumat, 21 Desember 2012. JK bercerita, almarhum Jenderal Jusuf sempat memiliki keinginan membangun masjid di bibir Pantai Losari.
"Kami sudah merancangnya tapi agak  kecil, sedang Jenderal Jusuf menginginkan masjid yang besar sehingga pembangunannya tidak dilanjutkan. Sekarang Aco yang lanjutkan. Jadi Ilham adalah pelanjut cita-cita almarhum Jenderal Jusuf," kata JK disambut tepuk tangan hadirin.
Pembangunan masjid Amirul Mukminin ini digagas Ilham di periode keduanya menjawab wali kota Makassar. Masjid ini dianggap sebagai bangunan fenomenal karena selain sebagai tempat ibadah, juga bisa menjadi tempat wisata karena memiliki kenyamanan dan keindahan.
JK meresmikan pemanfaatan masjid ini selaku Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI). JK mengucapkan selamat kepada Ilham atas upayanya menghadirkan sarana dunia-akhirat bagi masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan.  "Semoga masjid ini bisa makmur dan masyarakat dapat memakmurkan masjid," imbuh JK.
Ilham yang juga cagub Sulsel Abd Aziz Qahhar Mudzakkar ini melaporkan jika masjid ini hadir atas partisipasi masyarakat, tidak ada dana pemerintah dan telah menelan biaya sekitar Rp9 miliar. Meski ukuran tidak luas, namun ini bisa menampung 400 jemaah. Peresemian masjid ini juga dihadiri Ketua MUI Sulsel Dr (Hc) KH Sanusi Baso Lc. Juga mantan Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaluddin, dan politisi Partai Golkar Malkan Amin.
JK juga menyarankan agar Ilham menata kota dengan baik agar kemacetan teratasi.Saran JK diutarakan saat melihat ruang publik yang panjang di  bibir Pantai Losari. Konsepnya bagus karena masyarakat dapat menikmati ruang publik tapi tidak lupa beribadah.
"Hampir semua kota tidak memiliki ruang publik yang bebas dan panjang kecuali Makassar, sehingga ini harus dipelihara dan dijaga," kata JK menyebut satu per satu daerah di Indonesia yang memiliki pinggiran pantai tapi tidak menyiapkan  sarana publik yang bebas dan luas.
Ilham menyinggung pencanangan revitalisasi pantai losari yang digagas JK 2004 lalu. Hasil revitalisasi melahirkan empat pelataran, yakni pelataran anjungan Metro di pinggir Jl Tanjung Metro HM Dg Patompo, pelataran Bugis-Makssar, pelataran Losari, dan pelataran Mandar-Toraja.
Terhadap berbagai nasehat JK ini, Ilham berharap duetnya dengan Aziz bisa mewujudkan di Sulsel ke depan. "Semoga dengan semangat dan nasehat itu, mudah - mudahan saya bisa  mewujudkan keinginan Pak JK," katanya. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar