Powered By Blogger

Rabu, 13 Juni 2012

Golkal Mustahil Restui La Tinro


MAKASSAR, FAJAR--Harapan Ketua DPD Golkar Enrekang, La Tinro La Tunrung untuk mendapatkan restu dari Ketua DPD Golkar Sulsel, Syahrul Yasin Limpo untuk memuluskan niatnya menjadi Ketua DPD Hanura Sulsel tampaknya tidak akan mendapat restu dari yang diharapkan.
La Tinro yang tidak lain adalah bupati Enrekang masih menjadi kader terbaik Golkar di Sulsel apalagi di Enrekang, sehingga secara politis Golkar atau pun Syahrul tidak mungkin merestui kadernya meninggalkan Golkar. Sehingga kalau La Tinro berharap restu Syahrul, sudah bisa dipastikan restu yang diharapkan itu tidak akan didapatkan.
"Tidak bakalan ada itu yang namanya restu kalau ada kader mau pindah ke partai lain. Kalau saya ditanya tentang La Tinro, jawaban saya bahwa di Golkar tidak pernah ada restu seperti itu," jelas Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel, Yagkin Padjalangi, Selasa, 12 Juni.
Sebelumnya, La Tinro mengaku kalau dirinya saat ini sedang menunggu restu dari pimpinan partai dalam hal ini Syahrul Yasin Limpo. Itu ditegaskan La Tinro saat ditanya mengenai keinginannya meninggalkan Golkar untuk kemudian berlabuh di Hanura Sulsel. Sejauh ini, La Tinro memang tidak memberikan alasan lebih detail mengenai keinginannya bergabung di Hanura, apakah karena memimpin partai dengan skop yang lebih besar atau karena ada kekecewaan dengan Golkar atau elit tertentu.
Kendati Golkar memastikan tidak akan merestui La Tinro bergabung dengan Hanura, namun Golkar juga tidak bisa menghalangi kader untuk menentukan sikap politiknya. Dalam artian, ketika ada kader yang mau hengkang dari partai, Golkar tidak bisa menghalangi karena hal itu merupakan sikap politik orang per orang.
Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel, Arfandi Idris yang dimintai tanggapannya terpisah juga menegaskan Golkar tidak mungkin merestui kadernya pindah ke partai lain. "Tidak mungkin lah. La Tinro sampai sekarang masih menjadi kader terbaik partai Golkar," tandas Arfandi.
Kendati ada sinyal dari DPP Hanura yang tidak akan membuka ruang bagi kader eksternal atau mendahulukan kader internal memimpin partai, La Tinro tampaknya masih tetap punya keinginan untuk menjadi bagian dari Hanura Sulsel. Terbukti, sampai saat ini dia tidak pernah menyatakan mengurungkan niatnya bergabung dengan Hanura. Bahkan di Enrekang, La Tinro dengan kader Hanura semakin saling memahami. Ini diperlihatkan anggota fraksi Hanura Enrekang yang menyangjung La Tinro dan mengapresiasi keberhasilannya. (hamsah umar)        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar