Powered By Blogger

Senin, 18 Juni 2012

Petani Sambut Program Sertifikat Gratis


*Ilham Garap Pedalaman Maros

MAKASSAR, FAJAR--Program sertifikat tanah gratis yang digagas pasangan cagub Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA), mendapat sambutan positif para petani yang selama ini tidak punya biaya mengurus sertifikat untuk tanahnya.
Sambutan positif terhadap program sertifikat gratis ini disampaikan para petani di Dusun Masale dan Dusun Lempangeng Desa Tompo Bulu, Kecamatan Tompo Bulu Maros, Minggu, 17 Juni. Apresiasi petani terhadap program ini disampaikan saat cagub Sulsel, Ilham melakukan silaturahmi dengan petani di daerah ini.
Ilham memang dalam kunjungannya ke daerah ini memperkenalkan program unggulannya yang dapat menyentuh langsung para petani. Salah satunya program sertifikasi lahan pertanian secara gratis. Meski janji tersebut bukan janji muluk-muluk, Ilham menyebut warga Sulsel sangat paham dengan program yang semestinya diprioritaskan untuk masyarakat.
Salah seorang petani Dusun Masale, Jasir mengaku senang dengan gagasan dari pasangan Ilham – Aziz yang akan memperjuangkan sertifikat gratis untuk lahan pertanian bagi petani yang dianggap kurang mampu. "Mudah-mudahan bisa terwujud. Pasti manfaatnya sangat besar buat kami petani, apalagi sekarang biaya yang harus kami keluarkan untuk mengurus sertifikat sangatlah mahal dan sulit kami jangkau," kata Jasir.
Penuturan sama disampaikan Uyajji. Petani asal Dusun Lempangeng, Kecamatan Simbang Maros juga tertarik dengan gagasan program yang diperkenalkan oleh Ilham. "Jujur sebenarnya kami ingin memulai usaha, namun kami terhalang dengan persoalan modal. jika  lahan pertanian kami memiliki sertifikat, mungkin kami bisa mendapat pinjaman dari bank untuk modal usaha," kata Iyajji.
Roadshow yang dilakukan Ilham ke daerah ini pergerakannya terus menjelajahi wilayah terdalam atau pelosok desa. Ilham makin massif dilakukan menjangkau warga pedesaan. Sehari sebelumnya, Ilham menyisir wilayah Bone dan Sidrap.
Selain di dua dusun itu, Ilham juga melakukan silaturahmi dengan ratusan warga di  dusun Lokayya, Desa Pompobulu, Kecamatan Tompobulu. Cagub ini bahkan harus menempuh medan berat dengan melalui jalan tanpa aspal selama dua jam lebih untuk sampai di lokasi. Di Lokayya, Ilham menghadiri Isra Mikraj yang digelar oleh sejumlah tokoh masyarakat berpengaruh seperti Daeng Rala serta Hj Halijah. Selain itu hadir juga guru besar Zainuddin Assegaf.
"Saya minta maaf jika telah membuat menunggu lama, sebenarnya perhitungan saya untuk sampai ditempat ini paling lama satu jam perjalanan, ternyata tempatnya memang jauh, serta medannya yang juga cukup sulit ditempuh. Namun, sungguh sangat senang rasanya bisa bersilaturrahmi dengan saudara-saudara di sini," kata Ilham mengawali dialog dengan warga. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar