Powered By Blogger

Jumat, 29 Juni 2012

Transmigram Bali-Jawa Dukung Garuda-Na


MAKASSAR, FAJAR--Roadshow pasangan calon gubernur Sulsel, Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na) menggarap Luwu Raya dengan mengunjungi sejumlah desa di Luwu Timur. Salah satunya wilayah transmigrasi dari Provinsi Bali dan Jawa di Desa Solo, Kecamatan Angkona.
Di wilayah transmigran ini, Garuda-Na disambut hangat ratusan transmigran. Mereka bahwa merasa surprise mendapat kunjungan calon gubernur kendati daerahnya termasuk pedalaman. Sejumlah warga transmigram bahkan berharap pasangan ini bisa mengunjungi kembali desanya ketika terpilih menjadi gubernur Sulsel mendatang.
Selain di Desa Solo, Garuda-Na juga menyisir Desa Bali Rejo. Wilayah ini masih termasuk wilayah transmigran asal Bali yang penduduknya banyak menganut Hindu. Di Lutim memang banyak terdapat transmigram Bali yang tersebar di beberapa desa. Di Desa ini, Garuda-Na bahkan memilih menginap di rumah warga transmigran sambil berdialog santai bersama masyarakat.
Kedekatan Garuda-Na dengan masyarakat transmigran bahkan diperlihatkan dengan cara mandi bersama di salah satu tempat permandian air terjun. Tidak sampai disitu, pasangan Garuda-Na menyempatkan diri beraktivitas bersama petani di lahan pertanian warga transmigran.
"Warga cukup antusias dan menyambut hangat Garuda-Na. Bahkan warga seakan tidak percaya kalau ada calon gubernur Sulsel bersedia menginap di kampung halaman mereka. Makanya, mereka menitip pesan kalau jadi gubernur harus luangkan waktu untuk mendatangi mereka kembali," tandas juru bicara (jubir) Garuda-Na, Nasrullah Mustamin, Kamis, 28 Juni.
Kepada warga transmigran ini, Rudiyanto berjanji akan memperhatikan harapan transmigran dan petani dengan berupaya mengembangkan ekonomi masyarakat petani, melalui ketersediaan pupuk bersubsidi, pengembangan industri rumah tangga kaum ibu-ibu, termasuk program pendidikan gratis hingga SMA dan pelayanan kesehatan gratis yang memadai  sebagaimana yang telah dilakukan di Sinjai.
Sementara Nawir sebagai tokoh yang memiliki disiplin ilmu pertanian juga berjanji untuk mencurahkan perhatian pada masalah peningkatan pertanian. Apalagi, masyarakat Sulsel mayoritas menggantungkan hidupnya dari pertanian.
Sebelum melakukan roadshow ke Luwu Raya, pasangan ini menggarap Tana Toraja. Di wilayah yang menjadi kampung halaman istri Rudiyanto ini, Garuda-Na menghadiri kegiatan adat Toraja yang digelar salah seorang tokoh masyarakat setempat. (hamsah umar)                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar