Powered By Blogger

Kamis, 21 Juni 2012

Lima Pesaing Berat Taufan di PAN


MAKASSAR, FAJAR--Meski DPW PAN Sulsel memberi prioritas kader untuk diusung sebagai cabup/cawabup di pemilukada Bone, anggota fraksi PAN DPR RI Andi Taufan Tiro belum sepenuhnya bisa mengendarai PAN. 
Setidaknya ada lima tokoh berpengaruh yang menjadi pesaing berat Taufan di partainya sendiri. Kelimanya adalah Andi Baso Fahsar Padjalangi, Andi Mappamadeng Dewang, Andi Sultan Pawi, Andi Said Pabokori, dan seorang srikandi Andi Nurfatiha. Dari lima figur yang menjadi pesaing Taufan di PAN ini, Fahsar menjadi figur terberat jika PAN nantinya akan mengaju survei dalam menentukan cabup.
Pasalnya, partai berlambang matahari terbit ini menyatakan tetap akan menjadikan survei lembaga independen sebagai acuan utama dalam menentukan cabup. Selama ini, PAN menetapkan toleransi antara 15-20 persen elektabilitas kader dengan figur eksternal. "Partai sudah pasti akan memberi prioritas kepada kader, tapi itu tadi penentuan akhirnya dilihat dari survei," jelas Ketua Tim Pilkada DPD PAN Bone, Jisman, Selasa, 19 Juni.
Di PAN Bone, sebenarnya ada delapan cabup yang mengambil formulir. Namun hingga penutupan dua cabup yakni Andi Mangungsidi dan Andi Mustaman urang mengembalikan formulir pendaftaran. Sementara untuk cawabup, juga ada enam tokoh yang melamar yakni Andi Harianto, Ahmad Agus, Andi Darwis Massalinri, M Naim, Andi Rafid Pannandrangi, dan Andi Alfian T Anugrah.
"Alfian yang merupakan Ketua DPC PDK Bone adalah satu-satunya pendaftar cawabup yang tidak sempat mengembalikan formulir hingga akhir pendaftaran. Dengan demikian, yang kita proses adalah enam cabup dan enam cawabup," imbuh Jisman.
Para cabup/cawabup yang telah resmi mendaftar di PAN ini, selanjutnya akan ditindaklanjuti tim pilkada DPD PAN Bone untuk kemudian ditetapkan nama-nama yang akan diusulkan ke DPW PAN Sulsel. PAN Bone paling lama kan menverifikasi berkas cabup tersebut paling lama tiga hari. "Setelah itu kita akan kirim ke DPW untuk ditindaklanjuti termasuk dilakukan survei," tandas Jisman.

Bidik Promal dan Agus
Sementara cabup PDK, Andi Mustaman mulai membidik dua tokoh untuk dijadikan sebagai calon pendampingnya. Keduanya adalah pejabat Bone, Andi Promal Pawi serta Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel, Agus Salim A Gajong (dosen UMI). Kedua tokoh ini menjadi incaran PDK karena dianggap punya potensi dan basis yang kuat.
"Kita berharap Promal Pawi sudah memberikan kepastian paling lambat 25 Juni mendatang. Kalau memang tidak ada kejelasan dari dia, PDK akan menentukan sikap memilih Agus. Yang pasti dua tokoh ini kami dekati untuk mau menjadi wakil PDK," jelas Ketua DPP PDK Sulsel, Adil Patu.
Untuk koalisi, PDK coba membangun komunikasi dengan PBB, Hanura, PIS dan Gerindra. Hanura masih butuh sejumlah dukungan partai untuk mampu mengusung calon di daerah ini. Pasalnya, partai ini hanya memiliki empat kursi di DPRD Bone. (hamsah umar)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar