Powered By Blogger

Kamis, 21 Juni 2012

Sayang, IA, Garuda-Na Sama-sama Optimis


MAKASSAR-FAJAR--Tiga pasangan cagub Sulsel yang dipastikan bertarung di pilgub Sulsel mendatang sama-sama memiliki optimisme menjadi pemenang, dengan memanfaatkan potensi masing-masing.
Ketiga pasangan ini masing-masing Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang), Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar, dan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na). Ketiga pasangan ini memiliki alasan tersendiri untuk bisa tampil sebagai pemenang.
Pasangan cagub petahana misalnya optimis karena dibackup sejumlah kepala daerah di Sulsel yang saat ini memimpin ketua partai. Ketua partai yang menjadi bupati/wakil bupati di daerah inilah yang menjadi optimisme utama Sayang bisa memenangkan pilgub. Pasangan ini bahkan berani mengklaim hampir semua kabupaten/kota incumbent unggul.
Wakil Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Amrullah Tahir Selasa, 18 Juni kepada wartawan menandaskan potensi suara Sayang  di pilgub merata di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Khususnya wilayah yang dipimpin kader Golkar dimana setidaknya ada 18 daerah yang dipimpin politisi Golkar seperti Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Soppeng, Wajo, Sidrap, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Barru, Pangkep dan Maros.
Pasangan ini tidak terlalu dibatasi oleh faktor geopolitik. Tinggal bagaimana tim bekerja dengan baik, maka faktor geopolitik hanya menjadi salah satu variabel kecil  terhadap dukungan.
Ketua Devisi Komunikasi dan Publikasi DPD Demokrat Sulsel, Syamsu Rizal juga menegaskan optimismenya memenangkan pasangan dengan tagline semangat baru ini. Dia juga optimis potensi suara nasionalis-religius ini merata di semua kabupaten/kota di Sulsel. Salah satu alasannya karena masyarakat sangat mendambakan perubahan untuk Sulsel yang jauh lebih baik dan sejahtera. Visi misi yang diemban IA sangat dibutuhkan dalam kondisi masyarakat Sulsel saat ini.
Apalagi, berdasar survei pasangan IA tinggal terpaut 19 persen dari incumbent. Dimana IA saat ini memiliki elektabilitas 32 persen, sementara Sayang hanya berada pada angka 51 persen. Wilayah yang paling potensi menjadi basis suara IA seperti Makassar, Luwu Raya, Bone, dan sejumlah kabupaten lainnya.  
Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel, Nasrullah Mustamin tidak kalah optimis. Kendati saat ini elektabilitas Garuda-Na di bawah Sayang dan IA, namun pergerakan yang dilakukan bakal mendongkrak elektabilitasnya. "Masih banyak waktu untuk sosialisasi dan melakukan pencitraan di masyarakat," kata Nasrullah.
Apalagi setelah adanya bantuan kendaraan kesehatan berupa ambulance untuk digunakan gratis warga Sulsel di 24 kabupaten/kota. Ini dipastikan akan mempengaruhi masyarakat untuk mendukung pasangan yang belum memiliki kendaraan pasti. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar