Powered By Blogger

Jumat, 02 November 2012

Demokrat-Hanura Tidak Ragu


MAKASSAR, FAJAR--KETUA DPD Demokrat Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin percaya diri partainya lolos verifikasi faktual (vertual) yang dilakukan KPU Sulsel serta kabupaten/kota. Keyakinan ini disampaikan saat tim vertual KPU Sulsel melakukan verifikasi di DPD Demokrat Sulsel. "Kami telah memenuhi apa yang diamanahkan undang-undang terkait hal ini. Kami yakin bisa lolos verifikasi faktual," ucap Ilham.
Dari segi keterwakilan perempuan, hal utama dalam vertual ini, Ilham menyebut kuota pengurus perempuan Demokrat bahkan di atas 30 persen dari yang disyaratkan. Jumlah pengurus Demokrat Sulsel mencapai 249 orang.
Demokrat sudah maksimal memenuhi persyaratan yang dibutuhkan sehingga masalah-masalah administratif yang kemungkinan bisa menjadi kendala akan segera diatasi. "Dari total pengurus, KPU menetapkan sedikitnya 75 orang wakil dari perempuan, sementara kami telah memiliki 81 anggota yang masing-masing telah dilengkapi dengan KTA," tambah Ilham.
Saat verifikasi berlangsung, kader Demokrat antusias mengikuti proses verifikasi ini. Kemarin, KPU Sulsel setidaknya memverifikasi sembilan parpol dari 16 parpol yang lolos.
Selain tingkat provinsi, Demokrat Makassar juga percaya diri vertual yang dilakukan KPU Makassar di partai tidak bermasalah.  "Syarat ini memang tidak mudah, tapi partai Demokrat bukanlah suatu yang sulit, sebagai semua struktur kita sudah 100 persen rampung," kata Ketua Bappilu Demokrat Sulsel, Enre Cecep Lantara.
Ketua DPC PD Makassar, Adi Rasyid Ali menuturkan, sistem dan pengembangan keanggotaan di Demokrat sangat berbeda dengan partai lain, apalagi dengan adanya asuransi bagi kader.
Ketua Devisi Data dan Teknis Pemilu KPU Makassar, Izzdin Idrus mengatakan dalam vertual ada tiga item yang jadi fokus KPU yakni status penggunaan kantor, susunan struktur kepengurusan partai dan keterwakilan perempuan.
"Kalau hasil verifikasi kita, syarat yang dibutuhkan KPU Makassar terpenuhi, tapi masih ada item yang harus dibenahi hingga batas yang telah ditentukan," kata Izzdin.
Ketua DPD Hanura Sulsel, Ambo Dalle juga yakin syarat yang dibutuhkan dalam vertual ini tidak akan terkendali. Dia optimis Hanura Sulsel akan mampu lolos vertual. Apalagi, hasil vertual yang dilakukan KPU sendiri, dokumen yang disampaikan Hanura tidak ada yang berbeda dengan hasil vertual yang dilakukan KPU. "Kita tentu yakin lolos karena semua syarat yang dibutuhkan dalam verifikasi ini terpenuhi. Struktur kepengurusan kita sudah lengkap, alamat kantor jelas, dan kuota perempuan terpenuhi 30 persen," kata Ambo Dalle. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar