Powered By Blogger

Kamis, 01 November 2012

KPU Bagi Lima Tim Vertual Parpol


MAKASSAR, FAJAR--Proses verifikasi faktual (vertual) partai politik (parpol) dimulai Kamis, 1 November secara serentak baik di tingkat provinsi maupun di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Khusus vertual tingkat provinsi, KPU Sulsel membagi lima tim vertual.
Jumlah tim vertual parpol ini disesuaikan dengan jumlah komisioner KPU Sulsel. Kelima tim ini serentak turun melakukan vertual mulai pukul 10.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita. Dalam sehari, KPU melakukan vertual hingga dua parpol masing-masing tim.
Sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU Sulsel, jumlah parpol yang mendapat giliran pertama difaktualkan adalah sembilan parpol, selebihnya akan dilakukan pada Jumat, 2 November. Partai yang akan difaktualkan hari ini masing-masing Nasdem, PKBIB, PKB, Hanura, PDP, PPN, PDIP, Demokrat, dan PPRN.
Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas menandaskan proses vertual setiap parpol ini diperkirakan akan memakan waktu 1-2 jam. Proses verifikasi ini bisa berjalan lancar kalau syarat-syarat yang dibutuhkan KPU, bisa disiapkan dengan baik oleh parpol utamanya pengurus parpol dan keterwakilan perempuan.  
KPU Sulsel berharap, proses vertual 16 parpol yang dinyatakan lolos administrasi sebagai calon peserta pemilu ini, berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan. Makanya, saat pertemuan dengan pengurus 16 parpol dua hari lalu, KPU sudah menjelaskan hal-hal yang wajib disiapkan partai politik guna memperlancar proses verifikasi ini.
Ketua DPW Nasional Demokrat (Nasdem) Sulsel, Sanusi Ramadan menegaskan partai yang dipimpinnya sudah sangat siap menghadapi vertual yang akan dilakukan baik KPU Sulsel maupun 24 KPU kabupaten/kota se-Sulsel. Sesuai jadwal yang diberikan KPU, partai ini akan diverifikasi pukul 10.00 Wita. "Semuanya sudah kita persiapkan. Ini bahkan sudah kita lakukan sejak verifikasi administrasi lalu," kata Sanusi.
Wakil Ketua DPD PDIP Sulsel, Dan Pontasik sangat optimis partainya tidak akan menemui kendala dalam proses vertual ini, apalagi PDIP sudah sering melewati tahapan ini. "Kita akan melewati ini dengan baik. Saya kira PDIP bisa seumur negeri ini," katanya. (hamsah umar)    
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar