Powered By Blogger

Kamis, 28 Februari 2013

Gaji Ketua KPU Rp9,9 Juta


MAKASSAR, FAJAR--Kesejahteraan anggota KPU Sulsel ke depan semakin membaik. Gaji mereka meningkat hampir dua kali lipat dari gaji anggota KPU sekarang ini.
Besarnya gaji anggota KPU ini diatur dalam Peraturan Presiden No.11 Tahun 2013, tentang Kedudukan Keuangan Ketua dan Anggota KPU mulai pusat hingga kupaten/kota. Untuk ketua KPU provinsi, gaji mereka berkisar Rp9,9 juta sedang anggota sebesar Rp8,2 juta. Sedang untuk KPU kabupaten/kota gajinya sebesar Rp6,8 juta untuk ketua dan Rp5,5 juta untuk anggota.
Ketua Devisi Teknis Pemilu KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari membenarkan adanya kenaikan gaji anggota KPU di setiap tingkatan. Angka itu belum termasuk potongan PPn dan PPh. "Besarnya gaji anggota KPU ini diatur dalam perpres. Kalau ketua di kisaran Rp9 juta sedang anggota Rp8 juta," kata Ziaur Rahman, Rabu, 27 Februari.
Ziaur Rahman menyebut, jika dibandingkan gaji anggota KPU periode saat ini, gaji komisioner sejak berlakunya perpres tersebut memang meningkat. Sebelumnya gaji Ketua KPU provinsi potong pajak di kisaran Rp6 juta sedang anggota Rp5 juta.
Meningkatnya kenaikan gaji anggota KPU Sulsel begitu juga KPU kabupaten/kota ini bakal menarik minat banyak kalangan untuk ikut bersaing jadi anggota KPU. Selain gaji pokok yang menjanjikan, anggota KPU ini juga diberi fasilitas seperti tunjangan, termasuk biaya perjalanan dinas.
Sementara itu, sesuai agenda yang telah ditetapkan tim seleksi calon anggota KPU Sulsel, proses pendaftaran akan dimulai hari ini. Proses pendaftaran ini akan berlangsung hingga 8 Maret mendatang. Calon anggota KPU Sulsel ini akan diseleksi lima tim masing-masing Dr Adi Suryadi Culla, Mappinawang, Kadir Ahmad, Prof Itji Diana Daud, dan Marhumah.
Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Sulsel, Adi Culla menandaskan timsel dan sekretariat KPU Sulsel sudah menunjuk staf yang akan menangani proses administrasi dan pendaftaran calon anggota KPU. "Timsel memang dibackup oleh sekretariat KPU Sulsel dalam proses administrasi termasuk pendaftaran calon anggota KPU," kata Adi Culla.
Bagi calon anggota KPU yang berminat ikut seleksi ini, Adi Culla mengaku kalau contoh formulir pendafataran sudah tersedia di kantor KPU, termasuk bisa didownload di situs resmi KPU Sulse. Timsel berharap seleksi ini diikuti banyak elemen masyarakat Sulsel untuk mendapatkan calon yang berkualitas dan memadai. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar