Powered By Blogger

Minggu, 24 Februari 2013

Legislator Golkar di Posisi Aman


*69 Kader Bersaing ke Senayan

MAKASSAR, FAJAR--Persaingan kader internal Golkar memperebutkan tiket calon legislatif (caleg) Golkar untuk DPR RI cukup ketat. Kuota caleg setiap parpol hanya 24 orang (sesuai jumlah kursi), kader Golkar yang mendaftar caleg senayan mencapai 69 orang.
Ketatnya persaingan untuk mendapatkan tiket Golkar ke senayan ini membuktikan kalau Golkar memiliki cukup banyak kader. Tapi puluhan kader Golkar ini juga harus siap-siap kecewa tidak terakomodir caleg, mengingat kuota caleg setiap partai cukup terbatas.  Hanya legislator senayan yang bisa dipastikan berada di posisi aman menjadi caleg Golkar mendatang.
Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel, Arfandi Idris menyebutkan hingga saat ini setidaknya 69 kader Golkar yang sudah resmi mendaftar caleg di Golkar untuk senayan. Mereka inilah yang akan digodok sebagai caleg untuk menentukan kader terbaik dan paling berpeluang mendapatkan suara besar dari masyarakat Sulsel di pileg 2014 mendatang. Seleksi 69 kader Golkar ini sementara dilakukan DPP Golkar.
"Sesuai jumlah kader yang sudah mendaftar dan mengembalikan formulir, ada 69 kader yang siap bersaing menjadi caleg di Golkar untuk DPR RI," kata Arfandi, Jumat, 22 Februari.
Sebagaimana diketahui, Sulsel terdiri dari tiga dapil. Dapil I terdiri dari 8 kursi, dapil II 9 kursi, dan dapil III 7 kursi. Dari puluhan kader Golkar yang mengincar senayan itu, beberapa di antaranya seperti Hamka B Kadi,  Emil Abeng, Ulfa Hermanto dan Hois Bachtiar di dapil I. Dapil II seperti Syamsul Bachri, Halim Kalla, Andi Rio Padjalangi, Basri Sahedaby, Erwin Aksa dan Ajiep Padindang, dapil III Susilo Tamsil Harahap, Rahman AT, La Kama Wiyaka, Markus Nari, Latinro Latunrung dan sejumlah nama lainnya.
Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel, Kadir Halid menambahkan banyaknya kader yang mengincar caleg senayan ini membuat persaingan di internal sendiri cukup seru dan ketat. "Kalau yang diterima hanya 24 orangm itu artinya sangat ketat persaingan di internal. Sehingga caleg yang ditetapkan nanti adalah orang terbaik Golkar saat ini," kata Kadir Halid.
Kader Golkar yang terbilang aman untuk lolos caleg adalah yang selama ini sudah tercatat sebagai anggota DPR RI. Itu karena mereka dianggap sudah memiliki basis dan kekuatan massa memadai sehingga peluangnya terpilih sangat besar. Terkecuali kata dia Malkan Amin dan Ulfa Hermanto yang kabarnya memilih mendorong anaknya menjadi caleg senayan. (hamsah umar)


Dapil I: Emil Abeng, Tenri Yasin Limpo, Hoist Bachtiar, Mustafa M Raja, Hamka B, Fattah, Nurdin Halid, Zainuddin Hasan

Dapil II: Andi Rio Padjalangi, Syamsul Bahri, Halim Kalla, Jend (purn) Sedehabi, Ajiep Padindang, Sabil Rahman, Hasanuddin Ibrahim, Erwin Aksa,

Dapil III: Markus Nari, Susilo MT Harahap, Luthfi A Mutty, Ariani Akib Baramuli, La Kama Wiyaka, Husnul Rahman, Iriyani Soedirman, Badaruddin Andi Picunang, Ali Mochtar Ngabalin, La Tinro La Tunrung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar