Powered By Blogger

Selasa, 12 Februari 2013

Politisi Dominan di Pilwalkot Makassar


MAKASSAR, FAJAR--Jumlah figur yang akan memperebutkan takhta wali kota Makassar di pilwalkot 18 September mendatang cukup banyak. Hingga saat ini, sedikitnya 30 figur yang mengincar wali kota mendatang.
Puluhan kandidat yang sudah meramaikan pemberitaan media massa di Makassar ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota Makassar. Mereka umumnya cukup intens melakukan sosialisasi, dan berbagai pertemuan di tengah masyarakat. Para kandidat ini hampir tiap hari melakukan kegiatan berbau sosialisasi.
Calon wali kota ini datang dari berbagai kalangan seperti politisi, pengusaha, dan birokrat. Beberapa di antara figur yang berniat bertarung di Makassar ini tidak hanya dari kalangan laki-laki, tapi tokoh perempuan juga sudah mulai berani tampil seperti Dewie Yasin Limpo, Muhyina Muin, Apiaty Kamaluddin serta Andi Herfida Attas.
Figur yang meramaikan pilwalkot Makassar antara lain seperti Supomo Guntur, Yagkin Padjalangi, Kadir Halid, Rusdin Abdullah, Jafar Sodding, Iqbal Djalil, Ariady Arsal, Adil Patu, Adi Rasyid Ali, Andry Arief Bulu, Idris Manggabarani, Busrah Abdullah, Anis Zakaria Kama, Syaiful Saleh, Erwin Kallo, Danny Pamanto, Herman Handoko, Salahuddin Sampetoding, dan sejumlah figur lainnya.  
Selain cawali yang terus bermunculan, beberapa pekan terakhir calon yang mengincar posisi wakil juga sudah bermunculan, jumlahnya juga sudah mencapai puluhan orang, kendati yang sudah sedikit serius masih di bawah puluhan orang.  
Untuk posisi wakil, beberapa tokoh yang bermunculan seperti Ketua DPRD Makassar, Faroek M Betta, Yusuf Gunco, Nelson Marnanse Kammisi, Said Pabokori,
Adnan Purichta Ichsan, Sukardi Weda, dan Hasbi.
Sebagaimana diketahui, pilwalkot Makassar dijadwalkan berlangsung pada 18 September mendatang. Hari pencoblosan ini telah ditetapkan KPU Makassar bersama sejumlah kabupaten/kota lainnya seperti Pinrang, Luwu, Wajo, dan Jeneponto. Sedang untuk tahapan akan dimulai pada Maret mendatang.
Untuk agenda pencalonan, KPU akan memulai dengan penyerahan berkas dukungan dari calon perseorangan. Ketua Devisi Hukum dan Pengawasan KPU Makassar , Nurmal Idrus menyebutkan penyerahan berkas dukungan calon perseorangan dimulai awal Mei. Proses pendaftaran calon independen ini lebih awal dibanding calon yang akan maju melalui dukungan partai politik. "Jadi awal Mei KPU sudah menerima berkas calon perseorangan," kata Nurmal.
Di pilwalkot Makassar, beberapa tokoh yang akan maju melalui jalur independen seperti Erwin Kallo, Danny Pamanto, Herman Handoko, Rusdin Abdullah, Muhyina Muin, Syaiful Saleh, Herfida Attas, dan sejumlah figur lainnya. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar