Powered By Blogger

Selasa, 19 Februari 2013

PAN Siapkan Kontrak Politik


*Bagi Caleg 2014

MAKASSAR, FAJAR--Kader PAN maupun nonkader yang ingin menjadi calon legislatif (caleg) di pemilu legislatif (pileg) 2014 mendatang, wajib mematuhi kontrak politik yang disiapkan partai ini.
Kontrak politik ini berlaku bagi semua tingkatan caleg baik DPR, DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota. Untuk pileg 2014 mendatang, PAN setidaknya menyiapkan 8 poin kontrak politik yang wajib dipatuhi caleg PAN mendatang.
"Kontrak politik ini sudah diikrarkan teman-teman yang akan menjadi caleg DPR RI pada temu kader dan bacaleg PAN DPR RI 17 Februari lalu. Ikrar ini akan menyusul disampaikan bagi caleg provinsi dan kabupaten/kota," kata Sekretaris DPW PAN Sulsel, Buhari Kahar Mudzakkar.
Buhari adalah salah satu kader PAN Sulsel yang saat ini membidik senayan pada pileg 2014 mendatang. Dia menyebut, salah satu poin yang harus dipetuhi caleh PAN adalah harus siap mengembang tugas sebagai wakil rakyat, yang menjunjung tinggi kejujuran, menempatkan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi dan partai serta bersedia menempatkan tugas sebagai wakil rakyat menjadi prioritas utama.
"Kalau terpilih dan ternyata lalai dalam menjalankan tugas dewan yang dibuktikan melalui tingkat kehadiran, maka dia harus bersedia untuk diganti melalui proses pergantian antar waktu (PAW)," jelas Buhari.
Poin lain yang menjadi kontrak politik caleg PAN adalah bersedia tidak melakukan praktik korupsi dengan menjadi garda terdepan upaya pemberantasan korupsi. Apalagi saat ini, banyak fenomena yang terjadi dimana sejumlah politisi banyak melakukan praktik korupsi.
Untuk masa kampanye, PAN juga menyiapkan kontrak politik bagi calegnya. Salah satu yang harus dipatuhi caleg pada masa kampanye adalah siap berkampanye politik yang bersih, tanpa politik uang serta bekerjasama dengan semua kader partai.
Buhari menyebut, PAN tidak ingin memberi ruang kadernya melakukan praktik kampanye negatif  apalagi kalau hal itu bisa menghambat terciptanya sistem kepartaian yang melembaga dan kultur politik sehat di partai berlambang matahari terbit ini. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar