Powered By Blogger

Kamis, 07 Februari 2013

Pilwalkot Makassar Dimulai 18 Maret


MAKASSAR, FAJAR--KPU Makassar akhirnya resmi menetapan jadwal pelaksanaan pilwalkot Makassar 2013 melalui rapat pleno, yang menetapkan jadwal pencoblosan dilakukan pada Rabu, 18 September mendatang.
Kendati sudah melakukan pleno jadwal pencoblosan, KPU Makassar belum menetapkan rincian tahapan yang akan dilakukan oleh KPU Makassar, dengan alasan penetapan tanggal/tahapan secara rinci ini harus menyesuaikan dengan peraturan KPU. Namun rincian tahapan ini segera dibuat KPU Makassar setelah pleno yang berlangsung, Rabu, 6 Februari.
"Tanggal-tanggal rincian tahapan pilwalkot ini masih sementara kita susun. Insya Allah beberapa hari ke depan sudah ada tahapan lengkap yang kita buat. Pleno hari ini (kemarin) hanya penetapan hari pencoblosan," kata Ketua Devisi Hukum dan Pengawasan KPU Makassar, Nurmal Idrus.
Namun jika mengacu regulasi tentang pelaksaan pemilihan kepada daerah, tahapan pemilu dimulai 180 hari sebelum hari H. Sehingga KPU memastikan bahwa tahapan awal pilwalkot Makassar akan dimulai 18 Maret mendatang. Tahapan awal ini berupa permintaan KPU ke Pemkot Makassaruntuk menyediakan data penduduk potensi pemilih pemilu (DP4).
Sekadar diketahui, jumlah DP4 Makassar untuk pilgub Sulsel 2013 lalu mencapai 1.265.110 jiwa. Angka ini diperkirakan tidak jauh beda dengan DP4 Makassar untuk pilwalkot mendatang. Diharapkan, DP4 yang disiapkan pemkot Makassar untuk pilwalkot Makassar ini betul-betul sudah melalui proses pendataan yang memadai sehingga tidak banyak lagi warga yang tercatat ganda, begitu juga sebaliknya.
Sebelum tahapan pilwalkot dimulai ini, Nurmal menyebut ada tahapan persiapan yang harus dilakukan. Tahapan persiapan itu yakni perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang rencananya akan dilakukan awal Maret. (hamsah umar)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar