Powered By Blogger

Jumat, 22 Februari 2013

Lima Tahap Seleksi KPU Sulsel


*Pendaftaran 28 Februari-8 Maret

MAKASSAR, FAJAR--Seleksi calon anggota KPU Sulsel bakal ketat. Setidaknya, calon yang mendaftar setidaknya harus melewati lima tahapan seleksi untuk bisa lolos 10 besar.
Tim seleksi KPU Sulsel menetapkan pendaftaran calon anggota KPU Sulsel dimulai 28 Februari-8 Maret. Tahapan seleksi anggota KPU ini diputuskan dalam rapat tim di sekretariat KPU Sulsel. Rapat penyusunan tahapan seleksi dihadiri Dr Adi Suryadi Culla, Mappinawang, Kadir Ahmad, Prof Itji Diana Daud, dan Marhumah. Juga dihadiri sekretaris KPU Sulsel, Annas GS dan sejumlah staf.
Tahapan seleksi yang mesti dilewati mulai seleksi administrasi, tes tertulis, tes kesehatan, psikotes, dan wawancara. Masing-masing tahapan ini akan menyeleksi calon terbaik. Calon yang dianggap kurang memenuhi kriteria yang diharapkan menjadi anggota KPU akan gugur pada setiap tahapan yang ada.
Ketua Tim Seleksi Anggota KPU Sulsel, Adi Suryadi Culla mengatakan dari seluruh tahapan seleksi, tim berharap awal Mei mendatang tim sudah menghasilkan 10 besar calon anggota KPU Sulsel yang akan diusulkan ke KPU RI, untuk ditetapkan lima terbaik. "Jadi kita akan jaring 10 besar. Dari 10 besar ini akan diseleksi KPU RI," kata Adi Culla.
Sebelum masa pendaftaran dibuka pada 28 Februari mendatang, timsel terlebih dahulu akan mengumumkan masa pendaftaran dan syarat yang harus disiapkan calon. Pengumuman pendaftaran akan dilakukan pada 25-27 Februari nanti.
Adi Culla berharap, seleksi calon anggota  KPU Sulsel ini dapat direspons luas oleh masyarakat di Sulsel. Timsel menyebut, semakin banyak masyarakat yang mendaftar akan semakin baik sehingga proses penjaringan lebih maksimal guna mendapatkan calon yang terbaik.
Yang pasti, salah satu kriteria yang harus dimiliki calon harus memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang kepemiluan. Dari segi pendidikan, calon anggota KPU Sulsel harus lulusan minimal sarjana. Timsel berharap, masyarakat yang berminat menjadi anggota KPU bisa mempersiapkan berkas yang dibutuhkan. "Syarat apa saja yang harus disiapkan akan kami umumkan melalui media," kata Adi Culla. (hamsah umar)


Jadwal Seleksi KPU Sulsel:
Pengumuman Pendaftaran: 25-27 Februari
Pendaftaran: 28 Februari-8 Maret
Tempat Pendaftaran: Sekretariat KPU Sulsel

Persyaratan:
-Kelengkapan administrasi
-Punya pengetahuan dan keahlian tentang penyelenggaraan pemilu
-Minimal sarjana
-Sehat jasmani dan rohani
-Tidak pernah menjadi anggota parpol sekurang-kurangnya lima tahun
-Siap mundur dari jabatan politik, pemerintahan, dan BUMN
-Tidak pernah dipidana
-Bersedia bekerja penuh waktu
-Dll

Tahapan Seleksi:
-Seleksi administrasi
-Seleksi tertulis
-Tes kesehatan
-Tes psikotes
-wawancara

Tim Seleksi:
-Dr Adi Suryadi Culla, MA
-Mappinawang, SH
-Prof.Dr.Ir. Itji Diana Daud, MS
-Kadir Ahmad
-Marhumah Majid, SH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar