Powered By Blogger

Selasa, 12 Februari 2013

KPU Bawa KPPS Saksi di MK


MAKASSAR, FAJAR--KPU Sulsel memaksimalkan persiapan menghadapi persidangan sengketa pilgub di Mahkamah Konstitusi (MK) pekan depan. Lembaga ini siap membawa Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai saksi di persidangan MK.
Selain anggota KPPS, KPU juga berencana menghadirkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebagai saksi. Namun, wacana itu sangat bergantung dengan jenis gugatan yang diajukan pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA). Sidang perdana kasus sengketa pilgub Sulsel ini akan dilakukan, Rabu, 13 Januari besok.
"Kita sudah minta teman-teman KPU kabupaten/kota mempersiapkan diri untuk menjadi saksi, termasuk ketika harus menghadirkan penyelenggara PPK, PPS, hingga KPPS. Mereka tentu akan kita hadirkan kalau itu dibutuhkan," kata Ketua Devisi Teknis Pemilu KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari, Senin, 11 Februari.
Ziaur Rahman menyebut, saksi yang akan dihadirkan KPU dalam sidang sengketa pilgub sangat bergantung objek gugatan pasangan IA. Makanya, siapa-siapa saksi yang akan dihadirkan KPU akan ditentukan setelah pembacaan gugatan oleh pasangan Ilham-Aziz.
"Tapi selain KPU yang akan menghadirkan saksinya, langkah ini juga akan dilakukan oleh pihak terkait. Dalam hal ini pasangan yang telah ditetapkan KPU Sulsel sebagai pemenang tentu juga siap menghadirkan saksi," kata Ziaur Rahman.
Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas menambahkan bahwa secara umum KPU Sulsel telah membaca gugatan Ilham-Aziz, namun hal ini bukan menjadi acuan KPU Sulsel, karena yang menjadi dasar adalah yang dibacakan pada saat sidang perdana besok. "Kan bisa jadi ada gugatan tambahan yang dipersoalkan, sehingga itu baru bisa kita lihat secara menyeluruh setelah pembacaan gugatan dilakukan," kata Jayadi.
Pastinya, KPU Sulsel saat ini sudah mempersiapkan sejumlah dokumen yang terkait dengan proses pemilihan seperti rekap perolehan suara, dan dokumen lain yang terkait dengan pilgub Sulsel. Jayadi mengaku saat ini KPU Sulsel fokus mempersiapkan diri menghadapi gugatan IA di MK. (hamsah umar)
 
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar