Powered By Blogger

Senin, 02 Januari 2012

Rumah Kosong Ludes Terbakar


MAKASSAR, FAJAR--Sebuah rumah kosong di Jalan Kowilham III Lr B1, Bung makassar ludes dilalap api Minggu, 1 Januari. Kebakaran yang menghanguskan rumah berlantai II semi permanen ini terjadi sekira pukul 03.00 dini hari.
       Kebakaran rumah tersebut mewarnai pergantian tahun baru 2011 ke 2012. Akibat kebakaran ini korban diperkirakan mengalami kerugian hingga puluhan juta. Data yang diperoleh menyebutkan, rumah ini tinggal ditinggali anak-anak alm Daeng Manappa. Kebakaran ini sekaligus mengawali bencana kebakaran di Makassar pada 2012. Sepanjang 2011 lalu, sejumlah kebakaran hebat terjadi di Makassar baik permukiman warga maupun kebakaran yang melanda Makassar Mall.
       Sejumlah armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api, namun pemadam baru sampai ke lokasi kejadian setelah rumah tersebut sudah nyaris ludes. Untungnya, posisi rumah berdiri sendiri sehingga api tidak mengakibatkan rumah disekitarnya ikut terbakar.
       Namun kepanikan warga utamanya yang berada di belakang rumah milik warga ini tetap terjadi, kendati dipisahkan dengan tembok setinggi lima meter.
       Informasi yang diperoleh dari tetangga korban menyebutkan, rumah pengsiunan TNI yang juga pernah tercatat sebagai petugas keamanan perumahan Bung ini, sudah ditinggal kosong setahun terakhir. Tidak diketahui penyebab kebakaran di rumah panggung tersebut, namun dugaan kuat karena arus pendek listrik.
       "Kita tidak tahu pasti apa yang mengakibatkan rumah kosong ini terbakar. Padahal rumah ini sudah satu tahun ditinggal kosong. Bahkan kemungkinan aliran listriknya sudah diputus PLN," kata salah seorang tetangga korban, Ali. (hamsah umar)

Sabtu, 31 Desember 2011

Eksterior Racing, Interior Elegan


EDITOR: HAMSAH

TAMPILAN luar maupun bagian dalam mobil kesayangan sebagaian kalangan, adalah hal yang  begitu penting untuk dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tampak lebih menarik dan menyita perhatian. Eksterior dan interior ini sama pentingnya bagi pencinta mobil modifikasi.
Mempercantik bagian luar atau eksterior kendaraan banyak dilakukan agar tampilannya lebih gaya dari aslinya. Kalau perlu, tampilan luar atau bodi kendaraan ini dibuat sangar atau pun lebih racing. Paling tidak, dengan perubahan eksterior ini mobil semakin menarik untuk dipandang mata.
Honda Jazz keluaran 2008 milik Ramah ini, merupakan salah satu kendaraan roda empat yang memberikan sentuhan khusus pada bagian eksteriornya. Tujuannya hanya satu agar wajah mobil ini tampil lebih racing dibanding mobil sekelasnya. "Tampilan luarnya mengambil aliran racing. Konsep racing ini kan cocok dengan pengendara mobil dari kalangan muda," kata Ramah.
Untuk mendukung kesan racing pada eksterior mobilnya itu, Ramah menambahkan widebody kit pada bagian depan, samping , maupun belakang mobilnya. Dengan body kit ini, kesan racing sudah pasti akan melekat pada mobil itu sendiri. Belum lagi, dengan body kit ini, mobil juga tampak lebih cepet sehingga semakin memberikan kesan racing pada tampilan luar mobil ini.
Selain widebody kita yang mendukung mobil ini tampil lebih racing, Ramah juga menggunakan pelek ukuran lebih besar yakni 16 inci evolution dipadukan dengan ban Aciles Art Sport. Kombinasi pelek dan ban ini juga sangat mendukung tampilan mobil racing, terlebih lagi pelek yang digunakan menggunakan jari-jari sedang.
Bagian lain yang memberikan kesan racing pada mobil ini adalah knalpotnya. Knalpot mobil ini merek HKS yang memang sedikit lebih racing, baik dari bentuknya maupun suara y ang dihasilkan. Dari suara, knalpot jenis ini tentu saja akan lebih nyaring kendati tetap tidak membuat telinga terasa  bising.
Kendati bagian eksterior memilih aliran racing, namun untuk tampilan interiornya, Ramah lebih memilih aliran dengan konsep elegan. Makanya, bagian dalam kabing mobil ini tidak terlalu mencolok, namun lebih sederhana dengan konsep elegannya. 
Dengan perpaduan konsep modifikasi ini, Ramah mengaku merasakan kepuasan tersendiri saat mengemudikan mobilnya. Apalagi menurutnya, eksterior dengan konsep racing masih menjadi trend di kalangan pencinta mobil modifikasi di daerah ini.    (*)
              
                            

Suara Lebih Nyaring


BANYAK cara untuk membuat mobil kesayangan memiliki kelebihan dibanding mobil lainnya. Selain dengan mempercantik desain interior dan eksteriornya, persoalan suara yang dihasilkan mobil juga tampaknya menjadi pilihan tersendiri. Suara yang nyaring dan kencang menjadi pilihan banyak warga sehingga mobil serasa lebih dominan di jalanan.
Untuk mewujudkan suara kendaraan yang lebih nyaring dan kencang saat dikemudikan ini , maka pilihannya tentu saja dengan melakukan pergantian pada knalpotnya. Pilihan penggunaan knalpot racing dipastikan akan memberikan garansi suara kendaraan akan lebih dahsyat.
Mobil Jazz milik Ramah berwarna Hitam ini merupakan salah satu mobil dengan suara dahsyat saat dikemudikan. Pilihannya jatuh pada penggunaan knalpot HKS racing. Dengan knalpot racing ini, suara mobilnya semakin keras apalagi kalau pedal gas mobil ini diinjak lebih keras lagi.
Belum lagi, saringan udara mobil yang satu ini juga sudah diganti dari yang standar ke monipol racing. Dengan saringan udara yang racing ini, suara kendaraan semakin nyaring. Kendati cukup nyaring, namun suara knalpot tersebut tetap tidak membuat pengendara lain terganggu karena kebisingan yang dihasilkan.
Bahkan menurut Ramah, dengan menggunakan saringan udara racing ini, juga berpengaruh pada kecepatan mobil. Saringan udara ini bisa  memicu dan meningkatkan kecepatan mobil hingga memiliki tarikan lebih kencang dan cepat.
"Karena saringan udaranya juga racing, sehingga dengan sendirinya memicu speed lebih cepat. Dengan begitu, kecepatan kendaraan juga bisa lebih dimaksimalkan, setelah menggunakan saringan udara racing," jelas Ramah. (hamsah umar)        

Vokal Lebih Detail


MENIKMATI musik saat mengemudi atau saat berada di dalam mobil, memiliki seni tersendiri dan tingkat kepuasan berbeda. Selain bisa meminimalisir rasa kantuk dan lelah saat mengemudi, menikmati musik dalam mobil juga bisa menjadi penyemangat dalam diri setiap orang.
Makanya, modifikasi audio utamanya pencinta mobil variasi menjadi suatu hal yang mutlak. Dalam melakukan modifikasi audio ini, banyak aliran yang bisa menjadi referesensi, bergantung jenis musik yang disukai oleh pemilik kendaraan. Dengan kata lain, desain audio ditentukan selera musik pemilik mobil yang dimodifikasi.               
Dalam memodifikasi audio, pemilik kendaraan ada yang lebih menonjolkan vokal tertentu. Misalnya saja menonjolkan suara bas sehingga dentunan suara musik lebih keras, namun banyak juga yang memilih mendesain audio lebih seimbang dengan menyelaraskan suara dan bas.
Mobil Honda Jazz keluaran 2008 milik Ramah ini merupakan mobil yang menjadikan desain audio lebih seimbang. Apalagi, dia termasuk orang yang suka dengan berbagai jenis musik berbeda. Makanya, desain audio yang mengutamakan keseimbangan suara dan bas menjadi pilihan bagi Ramah.
"Jadi irama musiknya lebih detail baik suara vokal maupun basnya. Sehingga kita bisa menikmati musik lebih baik karena cenderung vokal detail," kata Ramah.
Desain audio pada mobil Ramah ini memang lebih bergaya elegan dan tidak menonjolkan kesan ekstrem di dalamnya. Kendati begitu, perangkat audio yang dibenamkan juga cukup banyak dan variatif sehingga  kualitas vokal tetap terjamin.
Adapun perangkat audio yang menjadi pilihan adalah dua unit subwoofer merek SWL Series, beberapa tweeter skelton, kapasitor intersis, tiga unit power baik monoblok maupun yang empat chanel. Untuk power, warga Jalan Abdullah Daeng Sirua ini dia memilih power Marriola dan Fiyer.             
Selain sejumlah perangkat pendukung audio itu, Ramah juga memasang satu unit televisi 21 inci. Perangkat televisi ini ditempatkan di bagian belakang, sehingga cocok dinikmati saat mobil sedang diparkir atau pada saat menikmati istirahat. (hamsah umar)           

Pengereman Lebih Terkendali


MENGEMUDI kendaraan baik dalam kecepatan sedang atau cepat, selalu dibayangi dengan berbagai kekhawatiran apalagi kalau kualitas rem mobil tidak menjamin. Namun untuk lebih mengefektifkan pengereman mobil, bisa diakali dengan menggunakan rem cakram berkualitas sehingga saat mengerem, mobil benar-benar terkendali dengan baik.
Ramah, salah seorang pencinta mobil modifikasi di Makassar termasuk menjadikan bagian rem sebagai perhatian, demi kenyamanan dan keselamatan berkendara. Dia pun memilih menggunakan rem cakram brembo. Rem ini memang cocok untuk kendaraan dengan tiper racing.
Dengan menggunakan rem cakram brembo, ban mobil dipastikan tidak akan selip saat dilakukan pengereman utamanya ketika dalam kondisi darurat atau tiba-tiba. "Kekuatan pengereman lebih bagus sehingga tidak akan selip," kata Ramah.
Praktis, saat mengendarai mobil yang menggunakan cakram brembo, pengemudi juga tidak akan was-was saat mengemudi. Dengan sendirinya, tingkat kenyamanan berkendara semakin baik dan berkualitas.
Kualitas rem cakram brembo ini semakin padu dengan penggunakan ban mobil tipe aciles asr sport yang dipadu dengan pelek berdiameter 16 inci. Pasalnya kualitas ban dan pelek menjadi salah satu penentu keseimbangan mobil saat dikebut di jalanan. (hamsah umar)